Anak IT Harus Tau : Cara Mudah membedakan Blog dan Website

untuk anak IT, siapa yang engga kenal sama dua mainan kalian di Internet ini. 
Blog dan website ; memang memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan informasi di internet. Namun kedua media informasi ini memiliki perbedaan satu sama lain. silahkan disimak jika kalian ingin mengetahui perbedaan blog dan website dengan mudah.


1. Dari Pengertian ;

Web adalah suatu halaman yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasiSebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai Uniform Resource Locator atau URL . (sumber 

sebuah website biasa nya memiliki isi konten yang saling berhubungan antar satu dengan yang lainnya. website juga biasanya dibangun untuk mempromosikan kepentingan nya dari segi eksternal. contoh nya website sekolah, website perkantoran, dan yang lainnya.

Sementara Blog (Web log) adalah bentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut..


2. Dari Konten ;

Pengelola Website biasa nya membuat judul konten sesuai dengan latar belakang tujuan mereka mendirikan website itu sendiri. biasa nya bembahasan yang di utamakan selalu menyangkut dengan apa yang sedang mereka promosikan.
jika pengelola website itu mengelola website dengan tujuan pemasaran produk mereka, maka yang akan di bahas oleh mereka adalah hanya sebatas produk - produk mereka saja.

Berbeda dengan Blog, membuat judul konten bervariasi dan termasuk kategori umum. biasanya pengelola blog mementingkan judul konten mereka untuk memperbanyak jumlah visitor, dengan sebab itu mereka sangat mengandalkan judul konten yang menarik perhatian para pengguna Internet tanpa ada tuntutan kategori apapun.

meski tidak ada tuntutan kategori apapun, namun sekarang blog juga mempunyai jenis pembahasan yang berbeda - beda. ada blog yang membahas mengenai teknologi, gadget, musik, video, dan sebagainya.


3. Dari Cara Mendirikannya ; 

dilihat dari sudut pandang ini, perbedaan yang mencolok adalah; hampir semua website di dirikan dengan bantuan hosting provider


Kumpulan script website yang sudah selesai di buat kemudian di upload kedalam hosting. Setelah itu baru deh para pengguna internet dapat melihat isi website melalui browser. Jangan lupa jika membeli hosting, beli juga domainnya. Karena hosting dan domain itu adalah dua insan yang saling melengkapi. sama seperti aku dan kamu, saling melengkapi satu sama lain.😊

Berbeda dengan website, kebanyakan para pengelola blog hanya mengelola isi konten nya saja daripada ikut mengelola bahasa pemogramannya. ini dikarenakan bagian pemogramannya sudah atur oleh pihak yang menyediakan fasilitas blog nya sendiri. Seperti contoh nya blogger, kalian tidak usah repot - repot membeli hosting dan domain serta mengatur build up seperti pengelolaan website. Kalian hanya tinggal mengatur bagian depan (frontend) saja. lebih mudah bukan?

4. Dari Elemen Pembangun nya ; 

Jika seorang blogger hanya mengatur tampilan website dan isi konten, berbeda hal nya dengan seorang Developer website.

mereka harus menyediakan elemen - elemen yang di perlukan untuk membangun website nya secara manual. mulai dari hosting, domain, database (jika perlu), script website, dan lain - lain, dan biasanya developer website itu terdiri dari empat kelompok. pertama Frontend developer, kedua Backend developer, ketiga full-stack Developer, dan yang terakhir full-stuck Developer. 

memang semua hal didunia ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing - masing, tapi jika memang dilihat dari sudut pandang perbedaan dua media diatas, maka kalian bisa simpulkan bahwa mengelola blog lebih mudah daripada mengelola website.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »